Powered By Blogger

Minggu, 30 Mei 2010

PERSEDIAAN

PERSEDIAAN
Pengertian Persediaan
Menurut Prof. Dr. Zaki Baridwan, M.Sc,. Ak (2004:149) mengemukakan :
“Secara umum istilah persediaan barang dipakai untuk menunjukkan barang-barang yang dimiliki untuk dijual kembali dan digunakan untuk memproduksi barang-barang yang akan dijual”.
Jenis-Jenis Persediaan
Bagi perusahaan dagang
1. Persediaan barang dagangan untuk menyatakan barang-barang yang dimiliki dengan tujuan akan dijual kembali dimasa yang akan datang. Barang-barang ini secara fisik tidak akan berubah sampai dengan barang-barang tersebut dijual kembali.
2. Lain-lain persediaan, seperti supplies kantor (toko), dan alat-alat pembungkus da lain sebagainya. Barang-barang ini biasanya akan dipakai (dikonsumsikan) dalam jangka waktu relatif pendek dan akan dibebankan sebagai biaya administrasi dan umum atau biaya pemasaran. Oleh karena itu biasanya terhadap jenis persediaan ini diperlakukan sebagai biaya(biaya dibayar dimuka) atau persediaan supplies.
Bagi perusahaan industri (manufaktur)
1. Persediaan bahan baku untuk menyatakan barang-barang yang dibeli atau diperoleh dari sumber alam yang dimiliki dengan tujuan untuk diolah menjadi produk jadi.
2. Persediaan produk dalam proses, meliputi barang-barang yang masih dalam pengerjaan dan memerlukan pengerjaan lebih lanjut sebelum barang itu dijual.
3. Persediaan produk jadi, meliputi semua barang-barang yang telah diselesaikan dari proses produksi dan siap untuk dijual.
4. Persediaan barang penolong, meliputi semua barang yang dimiliki untuk keperluan produksi, akan tetapi bukan merupakan bahan baku untuk membentuk produk jadi.
5. lain-lain persediaan, misalnya supplies kantor, alat-alat pembungkus.


Penentu Nilai Persediaan
Menurut Zaki Baridwan (2004:158), ada beberapa cara yang digunakan dalam menghitung harga pokok penjualan dan harga pokok persediaan akhir, antara lain :
a. Identifikasi khusus
b. Masuk Pertama Keluar Pertama(FIFO)
c. Rata-Rata Tertimbang (Weighted Average)
d. Masuk Terakhir Keluar Pertama (LIFO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar